top down

Buku Tamu

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

SELAMAT DATANG DI BLOG SMPN 1 CIKEMBAR
NeSaCk

Sekilas Tentang Sabareuma

By NeSaCk Jumat, April 17, 2009. Jam 20.30

Sabareuma merupakan kegiatan tahunan SMPN 1 Cikembar untuk mengenalkan siswa kepada alam dan lingkungan sekitar. Meski kegiatan ini sempat tidak dilaksanakan, yakni pada tahun ajaran 2007/2008, karena adanya masalah internal (biasa masalah klise), namun semangatnya masih tertanam (mudah-mudahan terus tertanam) direlung-relung jiwa civitas SMPN 1 Cikembar.

Sabareuma sendiri berasal dari Bahasa Sunda, yaitu "saba" dan "reuma". Saba artinya mengunjungi dan reuma artinya hutan. Dari arti kata tersebut maka sabareuma dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan menjelajahi hutan (baca: alam sekitar) untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman seputar lingkungan yang ada di Kecamatan Cikembar.

Sesuai dengan definisi tersebut, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa mampu mengenali lebih jauh mengenai kondisi dan potensi yang ada di sekitar Cikembar sehingga nantinya, tidak saja dapat menggali potensi-potensi sumberdaya alam yang ada, tetapi juga mencintai alam sekitar dan tidak melalukan pengrusakkan terhadapnya. Bahkan dengan mengenai kondisi sekitar, diharapkan kelak alumni SMPN 1 Cikembar dapat menjadi pelopor dalam pembenahan kerusakkan hutan yang ada.

Selain tujuan tersebut, sabareuma juga dimaksudkan untuk menghilangkan kejenuhan guru dan siswa dalam melakukan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) selama setahun. Sebagai manusia, tentu saja perlu adanya relaksasi untuk menyegarkan kembali kondisi otak dan fisik yang sudah mengalami kejenuhan akibat rutinitas KBM. Inilah kenapa kegiatan sabareuma ini paling banyak ditunggu dan diminati oleh siswa, bahkan oleh alumni sekalipun. Karena selain relaksasi tersebut, kegiatan ini juga sedikit menantang adrenaline. Bagaimana tidak, dalam mengarungi route sabareuma ini banyak mengandung rintangan-rintangan yang cukup membuat adrenaline kita naik, seperti turun dan naik tebing, jijibrugan menyusuri sungai, meniti jembatan reyot, dan lain-lain.

Ya, bagaimanapun juga kegiatan ini perlu dilestaraikan karena selain sudah menjadi brand image SMPN 1 Cikembar, kegiatan ini juga memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman kepada para pesertanya, baik guru maupun siswa.

Go, sabareuma go!!!

2 komentar

Jadi pengen ikutn lg sabareuma... (^_^)"
kapan atuh diadain sabareuma yg ngajak para alumni'y??
biar para alumni bisa bernostalgia d alam trbuka...

Lanjutkan terus SABAREUMA...!!!

24 Juni 2010 pukul 02.21  

Posting Komentar

Kami sangat mengharapkan adanya saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kemajuan SMPN 1 Cikembar.