top down

Buku Tamu

Followers

Komentar Terbaru

NeSaCk

UN Model Baru 2011: Merugikan Atau Menguntungkan?

Diposting oleh NeSaCk Senin, Maret 28, 2011. Jam 06.36

Ujian Nasional (UN) Tahun 2011 sangat berbeda dengan UN-UN sebelumnya, terutama menyangkut masalah kelulusan siswa. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2010, tentang Kelulusan Peserta Didik, bahwa kelulusan ditentukan oleh nilai rata-rata 5 semester (semester 1 s.d. 5), Nilai Ujian Sekolah (Praktek/UTS semester 6/Ulangan Harian semester 6), dan nilai Ujian Nasional (lihat tabel perhitungan hal. 12). Selain itu, Ujian Nasional kali ini tidak ada Ujian Ulang, artinya: siswa yang tidak lulus tidak bisa mengulang ujian supaya lulus, ia harus mengikuti ujian pada tahun berikutnya.

Dalam beberapa hal, UN kali ini sangat menguntungkan dan cenderung dapat meluluskan 100% siswa karena nilai kelulusan yang jadi acuan tidak semata berpijak pada nilai Ujian Nasional an sich. Namun bagi sekolah-sekolah yang menerapkan Nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) tiap semester-nya cenderung kecil (di bawah 6) maka akan cukup sulit untuk meluluskan 100% siswa, kecuali nilai-nilai Ujian Nasional siswa bisa mencapai angka lebih dari sama dengan 6.

Nah, bagi siswa SMPN 1 Cikembar yang ingin lulus, silahkan lihat nilai gabungan kalian kemudian kalikan dengan 40%. Setelah itu perkirakan nilai Ujian Nasional kamu lalu kalikan dengan 60%. Jumlahkan nilai-nilai tersebut, itulah nilai kelulusan yang nantinya kamu peroleh.

Tambahan:
1. Lihat Tabel Perhitungan (SMP/MTs hal. 12)
2. Lihat Nilai Gabungan (Semester 1 s.d. 5 ditambah Nilai US)

Posting Komentar

Kami sangat mengharapkan adanya saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kemajuan SMPN 1 Cikembar.